Rahasia Suksesnya Design Apple



Habis baca buku terkadang lupa tentang makna dan isi buku, apakah kamu begitu ? Kalau iya toss dulu! karena saya pun begitu hahah, tapi setidaknya jika kita membaca buku walau tidak semua ilmu terserap ada new perpective tentang dunia yang kita dapat. Dengan menulis setidaknya saya dapat berbagi sedikit pengetahuan, dan ketika saya bosan saya bisa mengulas kembali. 

Sedikit cerita tentang kegemaran saya membaca buku semua karena guru SMP saya tepatnya guru bahasa Indonesia saya, kebetulan saya memang pemerhati guru sejak dulu. Beliau berpesan : "Jangan pernah menyia nyiakan waktu untuk bengong dan berpemikiran yang mengawang ngawang ga jelas, jika ada waktu usahakan untuk membaca walau membaca brosur sekalipun atau koran yang lapuk, karena dari membaca kamu bisa mengetahui dunia" nah mulai dari situ saya membiasakan diri untuk membaca ntah buku apapun walau gosip artis juga saya baca heheh......Okey back to the topic.

Pada postingan ini saya akan sedikit bercerita mengenai buku dengan judul "Misteri Desain Apple" saya hanya membeli buku ini sekitar Rp. 40.000,- di Gramedia Store di Cinere. Dari tampilan design buku ini cukup menarik, karena kerjaan saya yang terkadang memerlukan pengetahuan design dasar juga maka jadilah saya membeli  buku ini. Dan ternyata banyak bangeettt pengetahuan yang saya dapatka dari buku ini. 
Well, banyak yang bertanya kenapa sih lambang Apple itu apel kegigit kenapa ga utuh ? banyak yang bilang banyak konspirasi mulai dari iluminati, dkk nah yuk cari tahu semiotik Apple disni : 

Logo Apple Tergigit 

Related image
Logo Apple dari masa ke masa 


Masa ke masa logo Apple mengalami perubahan, dari Apple yang menyadarkan Issac Newton  tentang gravitasi sampai dengan Apple yang tergigit berwarna Abu abu, beragam teori dan cerita disebut melatarbelakangi logo unik tersebut. 
Logo pertama Apple diciptakan oleh Ronald Wyne pada tahun 1976 orang ketiga Apple, filosofi  pesan Apple pada logo ini adalah menolak kemapanan industri komputer yang saat itu telah didominasi oleh perusahaan tertentu yang dirasa kurang inovasinya. Apple ingin mengatakan bahwa produknya benar benar inovatif sama inovatifnya ketika Issac Newton menemukan hukum gravitasi secara sendirian. 

Setahun kemudian pada tahun 1977 Designer Grafis, Rob Janoff mengganti logo tersebut dengan Apple yang baru dengan warna siluet warna warni. Pada 2005, jurnalis CNN, Holden Frith, menyelami cerita pembuatan logo tersebut dan mendapat konfirmasi langsung dari salah satu karyawan di perusahaan Cupertino tersebut, meski tidak secara resmi. Menurut cerita, logo tersebut dibuat untuk mengenang Alan Turning yang merupakan pencipta komputer pertama, enigma. Logo Apple sempat berwarna pelangi karena Turning memang seorang pencinta sesama jenis yang meninggal akibat menelan satu gigitan apel bersianida. Isue lain juga mengatakan Buah apel juga mengarah pada cerita Adam dan Hawa yang menggigit buah kuldi yang berasal dari rasa tabula rasa manusia (tau gak artinya searching de hehe) 

Image result for rob janoff
(Bapak Rob Janoff)----> mirip Jhon Travolta ga sih 

"Kukira logo itu tidak ada hubungannya dengan apa yang kau katakan. Itu hanya mitos," Ujar Janoff

Namun pada 2009, sebuah wawancara dengan penggambar logo Apple, Rob Janoff dari CreativeBits, menguak fakta baru. Janoff membantah logo yang dia gambar terinspirasi dari Newton atau cerita Adam dan Hawa. Bahkan, Janoff terenyuh ketika mendengar cerita tentang kisah apel sianida Turning.
"Kukira logo itu tidak ada hubungannya dengan apa yang kau katakan. Itu hanya mitos," ujarnya.
Janoff mengatakan bahwa Jobs hanya memintanya untuk membuat outline sederhana dari apel. Alasan mengapa buah itu tergigit hanyalah untuk membedakannya dari buah ceri. Gigitan itu hanya dibuat sebagai skala sehingga meski kecil, logo Apple tetap terlihat seperti apel, bukannya buah ceri.

Saat itu Janoff bekerja di konsultan grafis Ia cukup senang ketika desain apel tergigitnya (biten apple) menjadi simbol ‘bytes’ oleh direktur kreatif Apple yang ia design secara tidak sengaja yang ternyata mempunyai artian didalam dunia komputer. Pengucapan "Bite" disebut sama pengucapanya dengan "Byte". Bytes merupakan fondasi penting dalam dunia komputer. Mengenai warna pelangi dengan urutan acak yang bertahan selama 22 tahun, Janoff menyatakan, "Warna itu mewakili warna bar di layar. Itu juga merupakan usaha untuk membuat logo yang bisa diakses siapa saja, terutama pemuda sehingga Steve bisa memasukkan mereka ke sekolah".


Budeh Sumiyati makan paya, 
Lanjut di post selanjutnya ya....Filosofi yang digunakan Steve Job pada design Apple 

Comments

Popular Posts