Read Me Based On My Body Language

Seperti yang sudah saya katakan saya sangat tertarik mengenai ilmu psikologi. Psikologi menurut saya sendiri adalah ilmu yang menjelaskan bagaimana manusia berperilaku dan berinteraksi, singkatnya psikologi berasal dari bahasa latin, yaitu “psyche (jiwa)” dan “logos (ilmu)” Ilmu kejiwaan.

Saya sangat jatuh cinta kepada ilmu ini ketika saya membaca mengenai buku "Komunikasi Psikologi" by Jalaludin Rakhmad (oh ya buku ini juga salah satu buku favorite saya). Berlanjut dari membaca buku tersebut saya direfrnesikan untuk membaca beberapa buku mengenai psikologi seperti Sigmund Freud dan Alan dan Barbara Pease.

Nah kali ini saya akan membahas sedikit buku dari karya Alan dan Barbara Pease "Kitab Bahasa Tubuh". Karya ini menurut Alan dan Barabara Pease dipersembahkan kepada orang yang memiliki indra penglihatan yang baik namun tidak bisa melihat (lol ironi sekali memang).

Namun menurut pendapat saya sendiri memelajari bahasa tubuh memang sangat penting sekali agar kita bisa mengerti kondisi sikap dan emosi komunikan kita melalui bahasa tubuhnya. Because Sometimes people talks with their eyes, hands and others micro expression. Dan menurut penelitian Albert Mehrebian efek pesan lebih efektif melalui bahasa non lisan yaitu 55%, Suara 38% (nada suara dan penakan suara dll), 7% lisan (hanya kata-kata). Karena pada akhirnya sering kali kita membuat keputusan berdasarkan apa yang kita lihat bukan apa yang kita dengar.





Comments

Popular Posts